Cinta di Balik Kerudung

Sebuah catatan cinta nan cantik dibalik kerudung Mahasiswa Universitas Darussalam Ambon

6 Langkah peluang usaha Branding yang Menarik dan Cepat Dikenang Customer

Keberhasilan menjalankan bisnis pasti didambakan oleh beberapa orang, khususnya untuk mereka yang pernah jatuh bangun dan habiskan banyak modal untuk coba peruntungan dalam usaha. Walau untung dan rugi ialah resiko yang perlu ditempuh di dunia usaha, tetapi tidak ada kelirunya jika saat sebelum mengawali usaha kita pelajari apa factor yang bisa membuat produk kita laris dan populer di pasar.

6 Langkah peluang usaha Branding yang Menarik dan Cepat Dikenang Customer

Merek atau merk sebagai identitas usaha yang membandingkan produk atau layanan yang dipunyai dengan produk pesaing. Karena itu kelebihan merek jadi kesempatan untuk pelaku bisnis untuk melampaui merek musuh. Salah satunya kelebihan merek ialah jikamana merek itu populer dan dikenang customer.

Langkah peluang usaha Branding yang Menarik dan Cepat Dikenang Customer
Lalu, bagaimanakah cara peluang usaha branding yang memikat dan cepat dikenang customer? Berikut keterangan kami.

1. Tentukan nama merek yang cepat dan gampang disampaikan
Langkah peluang usaha branding terpenting yang bisa Anda siapkan ialah pilih nama merek yang cepat dan gampang disampaikan. Tentukan nama merek bukan hal yang gampang, Anda bisa kumpulkan dan menulis lebih dulu beberapa ide nama merek yang Anda harapkan.

Yakinkan jika gagasan dari nama merek itu tidak lebih dari tiga konsonan/suku kata, maknanya pilih nama yang tidak begitu panjang. Nama yang cepat dan jelas lebih gampang disampaikan dan dikenang oleh customer. Sesudah Anda mempunyai satu nama merek, yakinkan seseorang tidak menggunakan nama merek yang serupa dengan Anda lewat mesin perayap (mesin pencari).

Cara paling akhir untuk langkah peluang usaha branding ini dengan melegalkan nama merek Anda sebagai hak merk salah satu yang mana pemiliknya ialah Anda sendiri. Proses akreditasi ini bisa dilaksanakan pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Cendekiawan (DJHKI). Melengkapi beberapa document sebagai persyaratan mengajukan hak merk yang perlu disanggupi. Ini ialah cara hukum untuk menghindar copyright oleh faksi lain di masa datang.

2. Tetapkan diferensiasi (keunikan) produk
Jika Anda inginkan keberhasilan menjalankan bisnis, jadilah pelaku bisnis yang lain sama yang lain. Ketidaksamaan ini tujuannya supaya produk Anda mempunyai keunikan yang mudah dikenang oleh customer. Bukan sekedar ketidaksamaan nama merek, tetapi rasa atau kualitas dari produk yang Anda pasarkan. Langkah branding ini berkesan gampang dilaksanakan, tetapi realitanya ini cukup susah.

Tentukan sentuhan yang lain dengan produk semacam oleh merek pesaing tentu saja memerlukan kreasi dan kecermatan. Namun, diferensiasi/ketidaksamaan di antara produk Anda dengan produk pesaing ialah kelebihan yang akan dikenang dan dicari oleh customer.

3. Merek dan Simbol sebagai cerminan produk
Desainlah simbol yang mempunyai arti/background sama dengan tipe produk Anda. Dengan menyelipkan nama/kependekan merek pada simbol akan menambahkan daya magnet dari produk Anda. Misalkan Anda pilih usaha bakery/culinary, karena itu mendesain simbol dan merek yang sesuai dunia culinary.

4. Pasang iklan
Iklan usaha produk tidak selalu di baliho besar atau spanduk-spanduk yang ditaruh di tepi jalan, karena perlu modal yang cukup banyak untuk menempatkan iklan yang begitu. Jaman saat ini, pelaku bisnis baik industri kecil sampai industri besar bisa memakai iklan digital yang menjadi trend usaha sekarang ini.

Dengan manfaatkan service iklan digital, Anda bisa meminimalkan ongkos marketing. Iklan digital yang bisa Anda gunakan dapat lewat display ads, Search Engine Pemasaran (SEM), dan semacamnya. Langkah branding semacam ini dipandang lebih efisien jika disambungkan dengan keperluan manusia memakai internet untuk bermacam tipe keperluan.

5. Ikut dalam pameran, bazaar, atau moment yang lain
Salah satunya kesempatan untuk mengenalkan produk Anda ke publik ramai yaitu dengan ikut moment usaha seperti pameran atau bazaar. Pilih stand atau posisi yang vital yang memungkinkannya pengunjung untuk tiba, menyaksikan dan beli produk Anda.

6. Gunakan sosial media
Sosial media adalah ruangan yang tidak terlepas dari banyak orang di jaman milenial ini. Nyaris tiap orang dari semua umur memakai sosial media sekedar untuk isi waktu senggang atau untuk keperluan pekerjaan.
Show Comments

Popular Post