Cinta di Balik Kerudung

Sebuah catatan cinta nan cantik dibalik kerudung Mahasiswa Universitas Darussalam Ambon

5 Tips Whatsapp Keren yang Kamu Perlu Tahu

Layanan perpesanan instan Whatsapp memang cukup populer di Tanah Air dan terbilang rajin merilis fitur-fitur keren. Sayangnya tak semua pengguna tahu cara mengoptimalkan fitur-fitur tersebut pada smartphone-nya. Kalau kamu salah satu dari mereka, coba pelajari tips whatsapp menarik berikut.

  1. Mengubah tulisan di WA jadi tebal (bold), miring (italic), dan coret (strikethrough)

Ada tips Whatsapp font untuk mengubah-ubah huruf WA agar lawan chat lebih memahami pembicaraan tertulis kamu. Fitur ini bahkan tak membutuhkan aplikasi tambahan untuk digunakan.

Untuk membuat kata atau kalimat yang kamu ketik jadi tebal, cukup tambahkan tanda bintang (*) di depan dan belakang tulisan. Selanjutnya untuk membuat tulisan wa jadi miring, coba tambahkan underscore ( _ ) alias garis bawah pada bagian depan dan belakang teks.

Terakhir adalah teks dengan garis di bagian tengahnya yang berarti tulisan coret dan bisa kamu buat dengan menambahkan tanda gelombang (~). Penempatan tanda tersebut sama seperti sebelumnya yaitu di bagian depan dan belakang tulisan.

Trik ini bisa kamu terapkan saat ingin mengirim Whatsapp penawaran diskon kepada customer dengan mencoret tulisan harga awal produk.

  1. Memblokir chat dari peserta grup Whatsapp

Fitur ini dapat menghentikan/memblokir chat pada grup Whatsapp, misalnya saat ingin mengumumkan informasi penting, agar tak tertimbun oleh percakapan antar member. Caranya:

      Pastikan kalau kamu adalah admin grup.

      Klik pada bagian nama grup yang terletak di bagian atas

      Selanjutnya klik “Setelah grup” atau “Group settings”

      Pada bagian “Kirim pesan” ubah opsinya dari “Semua peserta” (“All participants”) menjadi “Hanya admin” (“Only admins”)

  1. Mengganti Wallpaper

Bosan dengan tampilan background Whatsapp kamu? Tak perlu khawatir karena sebenarnya wallpaper WA dapat diganti sesuka kamu. Begini langkah-langkahnya:

      Klik titik tiga pada bagian kanan atas aplikasi

      Pilih “setelan”

      Klik “chat” dan pilih “Wallpaper

      Selanjutnya klik “ubah” pada bagian bawah gambar wallpaper yang tengah kamu gunakan saat ini

      Kamu bisa memilih background yang kamu inginkan dari 4 opsi yang tersedia, yaitu “cerah”, “gelap”, “warna solid”, dan “foto saya”.

      Setelah menentukan pilihan klik pada kotak “Setel Wallpaper” yang terletak di bagian tengah bawah.

  1. Membuat aplikasi terlihat offline, walaupun sebenarnya online

Trik Whatsapp offline berguna saat kamu sedang sibuk dan tak ingin diganggu dengan chat-chat yang tidak penting. Caranya adalah dengan menonaktifkan pengaturan “last seen” alias “terakhir dilihat”.

      Pertama, klik ikon pengaturan berupa tiga titik pada bagian sudut kanan atas aplikasi

      Klik “setelan”

      Klik “Akun”

      Pilih “Privasi”

      Pilih pada opsi “Terakhir dilihat”

      Terakhir, klik pada pilihan “Tidak ada”

Selain menghilangkan informasi “Terakhir dilihat”, ada tips Whatsapp keren yang berguna untuk melacak kapan seseorang terakhir online walaupun dia juga menyembunyikannya. Untuk itu kamu membutuhkan suatu aplikasi yang disebut OnLog besutan LogMobi.

      Setelah melakukan instalasi input nomor ponsel, kode negara, serta nama orang yang ingin kamu lacak.

      Selanjutnya klik ikon lonceng berwarna merah untuk memperoleh pemberitahuan setiap kali yang bersangkutan tengah online.

      Untuk mendapatkan informasi “Terakhir dilihat” klik ikon di bagian kanan atas. Jika ikon menunjukkan warna merah, berarti orang tersebut sedang offline, sebaliknya, saat ikon berubah hijau artinya dia sedang online.

Kamu bisa mengetahui kapan yang bersangkutan terakhir menggunakan Whatsapp dengan mengecek durasi online-nya.

Sayangnya versi gratis aplikasi ini hanya dapat kamu gunakan untuk satu nomor telpon saja. Jika ingin mendaftarkan lebih dari sebuah nomor WA kamu harus upgrade aplikasinya menjadi premium.

  1. Mematikan centang biru Whatsapp

Sebagai pengguna Whatsapp sejati kamu tentu tahu kalau tanda centang dobel abu-abu artinya pesan telah terkirim, namun belum dibaca. Sementara centang dobel berwarna biru berarti pesan kamu sudah dibaca yang bersangkutan.

Dalam rangka menjaga privasi centang biru ini dapat kamu nonaktifkan sehingga pengirim tak dapat melacak pesannya telah terbaca atau belum.

      Klik ikon pengaturan berupa titik tiga di pojok kanan atas aplikasi

      Klik “setelan”

      Klik “akun” selanjutnya pilih “Privasi”

      Pada pilihan “Laporan dibaca” geser toggle-nya untuk menonaktifkan centang biru.

Penutup

Ternyata Whatsapp menyediakan berbagai jenis fitur menarik yang membuat aktivitas chatting kamu jadi semakin berwarna. Ini antara lain mengubah tampilan font, mengganti background, memblokir chat di grup, menjaga privasi kamu, hingga melacak aplikasi WA orang lain.

Untuk yang ingin bergabung dengan grup WA sesuai minat kamu, Link Group WA paling direkomendasikan. Di website ini kamu bisa menemukan daftar grup Whatsapp Indonesia dari berbagai jenis kategori.

Show Comments