Cinta di Balik Kerudung

Sebuah catatan cinta nan cantik dibalik kerudung Mahasiswa Universitas Darussalam Ambon

Fungsi Akreditasi Kampus Bagi Perguruan Tinggi dan Lulusannya

Apakah ini adalah tahun terakhir sobat literasi di SMA dan akan segera melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi? Jika demikian calon mahasiswa perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai akreditasi kampus incaran.

Akreditas erat kaitannya dengan kualitas kampus, sehingga sobat perlu memastikan untuk menempuh pendidikan di universitas yang bermutu demi masa depan.

Sekilas Tentang Akreditas Kampus

Apa itu akreditas kampus? Secara umum akreditasi berarti pengakuan kelayakan atau kualitas terhadap suatu lembaga pendidikan, misalnya sekolah atau universitas oleh badan yang berwenang.

Peringkat akreditasi selanjutnya disematkan jika lembaga pendidikan terkait telah memenuhi syarat kriteria tertentu yang telah ditetapkan oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Ini merupakan badan yang berwenang untuk menilai kualitas dan kelayakan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia.

Akreditas ini bertujuan untuk menjamin kualitas perguruan tinggi secara eksternal berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Selanjutnya pelaksanaan akreditasi juga merupakan upaya untuk melindungi kepentingan mahasiswa serta masyarakat berkenaan dengan perguruan tinggi.

Saat ini BAN-PT menerapkan instrumen terbaru dalam menilai kualifikasi perguruan tinggi yang disebut IAPS 4.0 dan IAPT 3.0. Hasil penilaian akreditasi dengan instrumen tersebut bukan lagi “A”, “B”, atau “C” seperti dulu, melainkan menjadi “Baik”, “Sangat Baik”, “Unggul”, dan “Tidak Terakreditasi”.

Pentingnya Akreditas Kampus Bagi Perguruan Tinggi

Bagi perguruan tinggi akreditasi adalah modal untuk menarik minat calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan pada institusinya. Buktinya akreditasi masih menjadi salah satu poin pertimbangan calon mahasiswa termasuk orang tua mereka dalam memilih kampus tujuan dalam SNMPTN.

Tidak heran jika website-website untuk mendapatkan informasi akreditasi kampus terbaru banyak dikunjungi terutama pada musim-musim menjelang ujian masuk universitas negeri.

Salah satunya adalah Akreditasi.org yang merupakan situs informasi ter-update mengenai dunia kampus, termasuk status akreditasi PTN dan PTS terbaru.

Selain untuk menjaring calon mahasiswa baru, status akreditasi yang bagus akan memberikan peluang terjalinnya kemitraan baik dengan institusi lokal maupun mancanegara.

Adanya akreditas juga dapat menjadi motivasi bagi lembaga untuk lebih meningkatkan mutu pendidikannya agar memperoleh mahasiswa yang berkualitas. Lulusan yang berkualitas tentu juga berpengaruh pada penilaian perguruan tinggi tersebut.

Pentingnya Akreditas Kampus Bagi Mahasiswa

Tidak hanya bagi perguruan tinggi, status akreditasi yang baik juga memberikan keuntungan tersendiri bagi para lulusannya. Inilah sebabnya sobat perlu cek akreditas kampus incaran sebelum mengikuti ujian masuknya.

      Belajar di lingkungan pendidikan yang layak

Untuk mengetahui kualitas suatu perguruan tinggi, sobat literasi bisa melihat akreditasinya. Jika kampus tujuan sobat mempunyai nilai akreditasi “unggul” ini artinya sistem pendidikannya sangat berkualitas sesuai standar nasional.

Dengan begitu sobat calon mahasiswa berkesempatan untuk menempuh studi pada lingkungan pendidikan yang sangat kondusif. Ini misalnya dosen-dosen pengajar dengan kualifikasi tinggi, sarana belajar yang lengkap, dan seterusnya.

Selanjutnya perguruan tinggi dapat mencetak lulusan dengan kompetensi unggul yang siap terjun pada dunia kerja yang kompetitif dan penuh tantangan.

      Membiasakan mahasiswa dengan standar pendidikan yang tinggi

Perguruan tinggi dengan akreditasi yang bagus tentu mempunyai kultur belajar berstandar tinggi. Ini artinya mahasiswa akan ditempa secara efektif untuk memperdalam bidang keilmuan sesuai jurusan pilihannya.

Yang bersangkutan secara sadar atau tidak juga harus berupaya semaksimal mungkin agar mampu bersaing pada lingkungan tersebut. Hasilnya mahasiswa akan menjadi lulusan dengan kompetensi tinggi karena mempunyai pemahaman mendalam terkait keilmuannya.

      Akreditasi PT merupakan syarat melamar kerja

Beberapa perusahaan swasta besar dan BUMN menjadikan akreditasi kampus sebagai salah satu syarat melamar suatu posisi. Artinya sebagian penyedia lapangan pekerjaan lebih memperhitungkan untuk menerima alumni dari kampus yang berkualitas. Harapannya, perusahaan atau BUMN tersebut tak perlu mengadakan training yang terlalu mendalam mengingat para calon karyawannya adalah SDM yang kompeten.

      Meningkatkan daya saing para alumni

Kampus yang berkualitas tentu akan menghasilkan lulusan yang berkualitas pula, dan ini merupakan sumber daya yang berpotensi menjadi incaran perusahaan-perusahaan besar.

Artinya para alumni perguruan tinggi tersebut mempunyai daya saing yang cukup tinggi sebagai bekal bersaing dengan calon pencari kerja lainnya.

Penutup:

Akreditas kampus adalah standar penilaian yang diterbitkan oleh BAN-PT dan menentukan kualitas suatu perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Status akreditasi unggul tak hanya memberikan manfaat bagi perguruan tinggi terkait tetapi juga para alumninya.

Untuk mengecek status akreditasi terbaru kampus incaran sobat literasi, kunjungi saja website akreditasi.org.

Show Comments