Cinta di Balik Kerudung

Sebuah catatan cinta nan cantik dibalik kerudung Mahasiswa Universitas Darussalam Ambon

Mengenal Premi Asuransi dan Jenis-jenisnya

Premi merupakan salah satu iuran berkala (bulanan atau tahunan) yang wajib dibayar peserta asuransi ke perusahaan asuransi selama jangka waktu yang sudah disepakati.

Besaran dari biaya premi asuransi tercatat pada polis asuransi yang diterima peserta asuransi dari perusahaan asuransi. Pertanyaannya kini, bagaimana cek premi asuransi sekarang?

Bahkan, tidak sedikit orang-orang berpendapat jika membayar premi asuransi perlu menyediakan dana yang besar. Padahal, biaya asuransi tersebut sebenarnya ada yang terjangkau.

Dalam pembahasan berikut ini, selain membahas premi asuransi Anda pemilik kendaraan roda empat juga bisa mengetahui kisaran biaya ganti warna mobil.
 

Mengenal Cek Premi Asuransi Sekarang Menurut UU


Anda dapat langsung menentukan besaran premi yang harus dibayar sesuai kesanggupan bayar. Hal ini karena setiap orang menginginkan manfaat pertanggungan yang nilainya berbeda-beda.

Terdapat beberapa faktor tertentu yang bisa menjadi menentukan tinggi atau rendahnya premi asuransi. Salah satunya dengan pertanggungan yang diberikan.

Misalnya, premi asuransi mobil dan asuransi kesehatan dengan tambahan rider dapat menjadi lebih mahal dibandingkan produk dengan manfaat dasar.

Jadi perlu dipahami bahwa polis asuransi tidak aktif lagi yang mengakibatkan manfaat tidak dapat diperoleh, jika tidak membayar premi asuransi dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan.

Berdasarkan dari Undang-Undang Nomor 40 tahun 2014, premi asuransi merupakan beberapa uang yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi atau perusahaan reasuransi dan disetujui oleh pemegang polis.

Hal ini memang sangat berguna untuk dibayarkan didasari sejumlah uang. Dimana akan ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang telah mendasari program asuransi wajib untuk memperoleh manfaat.

Premi sendiri merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam asuransi. Hal ini karena, biaya telah menjadi kewajiban yang harus dibayarkan oleh Tertanggung kepada pihak Penanggung sebagai ganti untuk mendapatkan proteksi asuransi.

Jadi, premi dapat diartikan dalam asuransi yang merupakan sejumlah biaya yang ditanggung dan harus dibayarkan oleh Tertanggung ini dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan antara dua belah pihak.

Umumnya masa pembayaran premi tersebut bulanan, namun tentu saja dapat menjadi tahunan atau dalam jangka waktu lain sesuai dengan ketentuan polis maupun jenis asuransi yang dibeli.'

Jenis-Jenis Premi Asuransi


Mengenal Premi Asuransi dan Jenis-jenisnya

Tersedia beberapa jenis asuransi yang telah disediakan perusahaan asuransi. Pasalnya, jenis-jenis asuransi yang dimiliki perorangan, yakni asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi kecelakaan diri, hingga asuransi perjalanan.

Berdasarkan dari jenis-jenisnya, Anda bisa mengecek premi asuransi sebagai berikut ini:
 

1. Premi asuransi kesehatan


Premi asuransi kesehatan merupakan salah satu premi yang dibayar peserta asuransi kesehatan ke perusahaan asuransi untuk mendapatkan benefit-benefit pertanggungan rawat inap, pembedahan, rawat jalan, persalinan, perawatan gigi, sampai perawatan mata.

Besaran dari premi asuransi kesehatan dapat disesuaikan berdasarkan limit pertanggungan yang dibayarkan perusahaan asuransi. Kisaran premi asuransi dimulai dari Rp150 ribuan.
 

2. Premi asuransi jiwa


Premi asuransi jiwa saat ini sudah dibayarkan oleh peserta asuransi jiwa ke perusahaan asuransi agar ahli waris atau penerima manfaat. Hal ini berguna untuk dapat memperoleh uang pertanggungan atau uang santunan sesuai kesepakatan dalam polis.

Besarnya juga sudah dipengaruhi dari jumlah uang pertanggungan yang dipilih. Jadi semakin besar uang pertanggungan, maka akan semakin besar yang harus dibayar.
 

3. Premi asuransi mobil


Premi asuransi mobil telah dibayarkan oleh peserta asuransi mobil ke perusahaan asuransi. Hal ini berguna untuk mendapatkan manfaat pertanggungan biaya perbaikan kerusakan sebagian, total, hingga kehilangan.

Besarannya sudah disesuaikan dengan jenis asuransi mobil yang dipilih seperti All Risk atau Total Loss Only (TLO).

4. Premi asuransi kecelakaan diri


Premi asuransi kecelakaan diri sendiri telah dibayarkan oleh peserta asuransi ke perusahaan asuransi. Hal ini dilakukan untuk memperoleh manfaat berupa uang santunan akibat kecelakaan.

Besaran dari premi asuransi kecelakaan diri terbilang terjangkau, yaitu mulai dari Rp165 ribu per tahun.

5. Premi asuransi perjalanan


Premi asuransi perjalanan kini dapat dibayarkan oleh peserta asuransi ke perusahaan asuransi. Bahkan, agar berhak melakukan klaim pertanggungan atas gangguan perjalanan, biaya medis, rawat inap, sampai uang santunan. Besarannya juga sangat terjangkau.

Itu saja beberapa informasi terkait premi asuransi dan kisaran biaya ganti warna mobil. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi seluruh pembaca.
Show Comments

Popular Post