Cinta di Balik Kerudung

Sebuah catatan cinta nan cantik dibalik kerudung Mahasiswa Universitas Darussalam Ambon

Jenis – Jenis Asuransi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Asuransi merupakan salah satu hal yang harus dimiliki seseorang. Salah satu asuransi yang harus dimiliki tersebut adalah asuransi kesehatan. Asuransi ini memberikan jaminan finansial saat nasabah mereka mengalami masalah kesehatan.

Asuransi jenis ini dibutuhkan setiap orang, bahkan bagi pemilik asuransi perjalanan. Contohnya saja cek asuransi perjalanan dari Sinar Mas, mereka juga menyediakan asuransi kesehatan di dalamnya, agar bila terjadi kecelakaan perjalanan, seseorang juga mendapat manfaat dari asuransi kesehatan.

Bila Anda cek asuransi perjalanan dari Sinar Mas, Anda akan menemukan bahwa asuransi mereka juga memberikan asuransi kesehatan di dalamnya, sehingga dapat dipastikan Anda akan lebih aman berpergian kemana saja.

Ada banyak sekali jenis asuransi kesehatan ini. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, tentu saja Anda harus mengetahui berbagai jenis asuransi tersebut dan memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itu, guna membantu Anda memilih, berikut ini akan dijelaskan berbagai jenis asuransi tersebut.

Berbagai Jenis Asuransi Kesehatan yang Wajib Anda Tau


Berbagai Jenis Asuransi Kesehatan yang Wajib Anda Tau

Sebagai salah satu pelindung Anda saat sedang mengalami masalah sakit, memilih asuransi kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Ini karena memilih asuransi kesehatan yang sesuai akan melindungi Anda secara maksimal bila terjadi musibah sakit.

Di pasaran sendiri beredar banyak sekali jenis asuransi ini. Namun tetap saja Anda harus memilih yang paling tepat dengan kebutuhan Anda. Agar bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis dari asuransi ini.

Asuransi ini sebenarnya dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Karena itu, kali ini akan dibahas semua pengelompokan dan jenis dari asuransi ini.

Berdasarkan Jenis Perawatan yang Didapatkan


Berdasarkan jenis perawatan yang akan didapatkan pengguna saat sakit, asuransi ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu asuransi rawat inap dan asuransi rawat jalan. Berikut ini merupakan penjelasan kedua asuransi ini.

Asuransi Rawat Inap


Berdasarkan jenis perawatan yang didapatkan, asuransi pertama yang bisa Anda pilih adalah asuransi rawat inap.

Jenis asuransi yang satu ini akan menanggung biaya rawat inap Anda selama Anda mengalami sakit. Asuransi ini sangat cocok menjadi asuransi kesehatan orang tua maupun asuransi bagi seseorang yang sedang mengalami sakit parah.

Dengan memilih jenis asuransi ini, Anda tak perlu memikirkan biaya rawat inap saat Anda menderita suatu penyakit.

Asuransi Rawat Jalan


Jenis asuransi berdasarkan jenis perawatan yang akan didapatkan selanjutnya adalah asuransi rawat jalan.

Berbeda dengan jenis asuransi yang sebelumnya, jenis asuransi ini akan menanggung semua biaya perawatan medis, mulai dari obat – obatan yang dibutuhkan, biaya jasa dokter, biaya rujukan, dan bahkan biaya cek laboratorium.

Namun jenis asuransi rawat jalan ini tak menanggung biaya rawat inap Anda. Karena itu, saat memilih jenis asuransi yang satu ini, Anda tetap harus memikirkan biaya yang Anda keluarkan untuk melakukan rawat inap.

Berdasarkan Badan Penyelenggara Asuransi Kesehatan


Berdasarkan badan penyelenggaranya, asuransi ini dibagi menjadi 2, yaitu asuransi yang dikelola oleh pemerintah dan asuransi yang dikelola oleh pihak swasta. Berikut ini merupakan penjelasan dari kedua jenis asuransi ini.

Asuransi yang Dikelola Pemerintah


Jenis pertama asuransi berdasarkan badan penyelenggaranya adalah asuransi yang dikelola pemerintah.

Sesuai dengan namanya, asuransi ini dikeluarkan oleh pemerintah yang berwenang dan dikelola oleh pemerintah juga. Di Indonesia sendiri, contoh asuransi ini adalah BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

Asuransi yang Dikelola Pihak Swasta


Asuransi yang dikelola pihak swasta menjadi salah satu jenis asuransi kesehatan berdasarkan pengelolanya.

Asuransi yang satu ini, sesuai dengan namanya, dikeluarkan dan dikelola oleh pihak swasta. Ada banyak sekali jenis asuransi kesehatan yang satu ini. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan Anda.

Berdasarkan Pihak yang Ditanggung


Berdasarkan pihak tertanggungnya, asuransi kesehatan dibagi menjadi 2 juga, yaitu asuransi personal dan asuransi kelompok atau kolektif. Berikut ini merupakan penjelasannya.

Asuransi Personal


Asuransi personal ini merupakan asuransi yang pihak tertanggungnya hanya 1, sehingga hanya akan memberi manfaat pada 1 individu saja.

Asuransi Kelompok atau Kolektif


Asuransi kelompok atau kolektif ini merupakan asuransi yang memiliki pihak tertanggung lebih dari satu, sehingga akan memberi manfaat pada sekelompok orang. Asuransi jenis ini cocok untuk menjadi asuransi kesehatan untuk perusahaan.

Itulah beberapa jenis asuransi kesehatan yang dapat Anda pilih. Bagi Anda yang sedang mencari asuransi ini, ada baiknya Anda mencoba mengenal Lifepal.

Lifepal sendiri merupakan platform yang menyediakan asuransi kesehatan online. Ada banyak sekali jenis asuransi yang dapat Anda temukan di Lifepal.

Bahkan, di Lifepal, Anda juga dapat menemukan asuransi kesehatan murni tanpa investasi, sehingga tunjangan yang didapat lebih besar.

Tak hanya itu, Lifepal juga menyediakan asuransi kesehatan cashless premi murah yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Jika ingin mencari asuransi kesehatan, cobalah mengunjungi Lifepal dan pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Show Comments

Popular Post