Cinta di Balik Kerudung

Sebuah catatan cinta nan cantik dibalik kerudung Mahasiswa Universitas Darussalam Ambon

6 Aplikasi Smartphone Produk Teknologi yang Memudahkan Hidup

 

Dari masa ke masa perkembangan teknologi membawa pengaruh bagi hidup manusia. Seperti sekarang ini misalnya, yang selalu disebut-sebut sebagai era digital, bisa dibilang sebagian besar gaya hidup kita tak lepas dari internet.

Lebih dari sekedar sarana berkomunikasi atau perangkat pencari informasi semata, internet telah menjadi teknologi yang memudahkan hidup kita.

Ini misalnya aplikasi smartphone yang ternyata bisa sangat membantu memudahkan berbagai aktivitas kita sehari-hari seperti pada daftar berikut.

  1. Aplikasi Cloud Storage (Google Drive)

Ini merupakan aplikasi penyimpanan file besutan Google yang berguna untuk menyimpan file-file penting termasuk yang berukuran besar. Ini merupakan tindak pengamanan jika dokumen fisik koyak, hilang, atau hard disk PC kamu rusak.

Tidak hanya berfungsi sebagai Cloud Storage, Google Drive juga merupakan perangkat berbagi file tanpa batasan ukuran. Kamu tinggal mengunggah file tersebut pada Google Drive kemudian membagikan tautannya kepada orang yang kamu kehendaki dengan fitur link sharing.

Dengan begitu yang bersangkutan bisa membaca dokumen yang kamu kirim, atau jika kamu mengizinkan dia juga bisa mengedit file tersebut.

  1. Aplikasi Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan sebagainya)

Produk teknologi modern yang juga begitu lekat dalam keseharian kita adalah media sosial. Bahkan konon masyarakat Indonesia termasuk pengguna aplikasi medsos yang terbanyak. Tidak jarang seseorang bisa memiliki lebih dari sebuah akun media sosial.

Lebih dari sekedar perangkat untuk terhubung dengan teman secara online, aplikasi ini bisa menjadi sarana efektif untuk mempopulerkan bisnis kamu. Keberadaan media sosial juga membuka peluang untuk menjadi selebriti online dan menerima jasa endorse.

  1. Aplikasi Transportasi Online (Gojek dan Grab)

Beberapa daerah di Tanah Air masih belum mempunyai fasilitas transportasi umum yang memadai. Di sinilah peranan aplikasi transportasi online seperti Gojek atau Grab untuk membantu memperlancar mobilitasmu. Tinggal pilih saja ingin diantar naik motor atau mobil hingga tiba di tempat tujuan.

Selain jasa transportasi, kedua aplikasi ini semakin memperluas layanannya dengan fasilitas pesan antar makanan, kirim barang, belanja, sampai membantu pindah rumah. Super lengkap, bukan? 

  1. Aplikasi Dompet Digital (GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan lain-lain)

Teknologi dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dibilang life changing adalah aplikasi dompet digital alias e-wallet. Bayangkan saja, tanpa perlu membawa banyak uang tunai, kita bisa bebas bertransaksi misalnya belanja di mall, bayar cicilan, sampai beli tiket.

Fasilitas ini akan benar-benar membantu saat kamu traveling cukup membawa uang seperlunya demi keamanan karena seluruh tagihan dapat dibayar pakai e-wallet.

Yang lebih seru lagi kamu juga berkesempatan mendapatkan diskon atau bonus yang merupakan bagian dari promosi penyedia dompet digital.

  1. Aplikasi E-Commerce (Shopee, BukaLapak, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lain-lain)

Ingin beli beberapa kebutuhan tapi sedang malas keluar rumah? Gampang, manfaatkan saja aplikasi e-commerce untuk mencari produk favoritmu pakai smartphone sambil rebahan. Platform ini serupa dengan mall atau pasar online, dimana pembeli dapat memilih produk dengan harga termurah.

Selain sebagai tempat berbelanja aneka jenis kebutuhan, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menggelar lapak onlinemu sendiri. Tinggal unggah saja produk daganganmu dan tunggu pembeli membuat pesanannya.

Tidak hanya praktis dan mudah, e-commerce juga menawarkan beragam potongan harga, promo, atau gratis ongkir, biasanya pada momen-momen istimewa. Ini misalnya Hari Belanja Online Nasional, promo gajian, atau hari besar.

  1. Aplikasi Navigasi (Google Maps)

Sekarang tak perlu lagi takut nyasar walaupun berada di daerah asing baik di dalam maupun luar negeri. Ini karena kamu dapat mengandalkan Google Maps yang merupakan aplikasi peta digital yang berfungsi sebagai perangkat navigasi.

Tampilannya adalah seperti peta lokasi jalan pada umumnya namun lengkap dengan kondisi lalu-lintasnya secara real time. Saat digunakan, perangkat akan memberikan rekomendasi jalur yang terdekat sehingga kamu bisa tiba di tujuan dalam waktu paling singkat.

Penutup:

Inovasi teknologi yang luar biasa terutama pada era digital saat ini membawa dampak yang luar biasa dalam kehidupan kita. Salah satunya adalah teknologi yang memudahkan hidup, yaitu aplikasi smartphone seperti penyimpanan file, jasa transportasi, e-wallet, e-commerce hingga peta digital. Sudah punya semuanya di ponsel kamu?

Untuk yang tengah mencari website pusat download gratis untuk games dan aplikasi ReXdl.co.id adalah rekomendasi terbaik. Selain merupakan portal unduhan, kamu juga bisa menemukan berbagai tips Android paling update di sini.

Show Comments